Teknik Streaming Media
Streaming media merupakan suatu teknologi yang mampu
mengirimkan file audio dan video digital secara on-demand maupun real time pada
jaringan Internet
Konsep dasar streaming media :
- Pengguna (user) tidak perlu menunggu sampai file selesai semua di download baru bisa dimainkan
- Streaming Media dapat dimainkan ketika file media sedang ditransfer
- Data yang ditransfer melalui Internet dimainkan kemudian dibuang
- Streaming media juga menawarkan user control pada saat stream (ketika file dimainkan), hal yang tidak mungkin dilakukan dengan Web Server
- Kelebihan streaming yaitu dapat digunakan untuk live broadcast atau archived files yang bisa dilihat secara on-demand (atas permintaan)
- Streaming media files selalu dibatasi oleh user bandwith, karena streaming media terjadi pada real-time
On-Demand Files
- File media ditaruh diserver
- Dapat dimainkan kapan saja
- Banyak orang secara bersamaan dapat memainkan file yang sama (distance learning) tapi biasanya tidak.
- Lebih rendah pemakaian bandwithnya daripada live broadcast.
Live Broadcasting
- Merekam peristiwa saat itu juga, kemudian meng-encode filenya
- Mengirimkan stream file tersebut ke server
- Server akan mem-broadcast stream ke penonton / user
- Membutuhkan lebih banyak bandwith daripada on-demand file, karena orang pasti menonton secara bersamaan
- membutuhkan multiple streaming server sehingga beban kerjanya bisa didistribusikan ke beberapa komputer
Audio:
- AU, dulu merupakan format audio yang populer, dibuat sebagai tipe file UNIX.
- AIFF (Audio IFF), dikembangkan oleh Apple.
- WAV, standar file pada komputer windows
- MPEG Audio, standard kompresi video/audio.
- MIDI, tipe file multiplatform khusus untuk musik dengan suara synthetizer
- QuickTime, format video yang dikembangkan oleh Apple Macintosh.
- Video for Windows, format video untuk sistem operasi windows
- MPEG, merupakan program kompresi data
Komentar
Posting Komentar